Wanita Hamil pada Saat Wabah Coronavirus Merebak.

Posted by Jadeflowerbaby 04/03/2020 0 Comment(s) Tips Bayi,

 

Haruskah khawatir?

 

Wabah Coronavirus telah merebak ke seluruh dunia. Indonesia tidak luput dari virus ini, dengan dua orang yang positif Coronavirus diumumkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Sebagai wanita hamil, apakah yang harus dipersiapkan menghadapi virus Corona atau COVID-19 ini?

 

Apakah tanda-tanda gejala anda terjangkit virus Corona?

Demam, batuk kering, sesak napas, dan pneumonia adalah salah satu dari tanda-tanda orang yang mungkin mengedap penyakit corona. Harus diperhatikan bahwa hidung berair BUKAN merupakan tanda-tanda virus corona, melainkan flu biasa.

Sekarang, terlihat tanda-tanda bahwa orang yang terjangkit virus Corona dapat sembuh dengan sendirinya. Orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh tinggi, dapat sembuh dalam waktu beberapa hari. Untuk orang-orang yang memiliki virus yang parah, biasanya orang yang terjangkit akan sembuh dalam waktu kurang lebih sebulan.

Untuk saat ini, belum ada vaksin spesifik untuk menyembuhkan virus Corona. Cara pengobatan virus corona adalah dengan memberikan infus, obat penurun panas, dan untuk kasus-kasus tertentu, tambahan oksigen bagi orang yang sesak napas.

 

Bagaimana dengan wanita hamil? Haruskah saya khawatir?

Khawatir boleh, tetapi tidak boleh berlebihan. Memang benar, selama kehamilan, imun system ibu hamil menurun, dan menjadi rentan terhadap penyakit-penyakit. Bukan hanya virus corona, tapi juga rentan terhadap virus-virus lain seperti flu dan batuk. Oleh karena itu, yang terpenting adalah memakan makanan yang bergizi, seimbang, minum banyak air putih, dan banyak istirahat.

 

 

Bagaimana dengan janin saya? Apakah virus menular ke janin?

Ilmuwan belum semuanya menyimpulkan tentang penyebaran virus corona ke janin. Namun, pada bulan Februari, ada pemberitaan di The Lancet yang menyelidiki tentang 9 wanita hamil di Wuhan, Cina. Sembilan wanita hamil yang ditest positif Corona tidak memiliki bayi yang positif Corona. Oleh karena itu, tidak perlu terlalu khawatir akan virus ini yang menular ke janin.

 

 

Lalu, apa yang perlu saya lakukan?

Sekarang, haruslah menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun setidaknya 20 detik. Cucilah tangan anda sebelum makan, setelah keluar dari toilet, atau setelah memegang sesuatu yang kotor seperti sampah.  Kalau anda melihat orang-orang yang bersin, jagalah jarak anda setidaknya 2 meter. Ini karena virus Corona tidak bisa menyebar pada jarak lebih dari 2 meter.

Yang terpenting adalah, selalu menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Jangan panik, dan banyak juga berdoa.

Diadaptasi dari: The HealthLine

Leave a Comment