5 Tips untuk Berpergian Bersama Baby

Posted by Jadeflowerbaby 01/10/2019 0 Comment(s) Tips Bayi,

Ingin berpergian bersama baby, tetapi baby masih dibawah usia 1 tahun? Anda tidak sendiri. Sekarang, banyak selebriti-selebriti yang membawa anak-anaknya pergi ke luar kota maupun ke luar negeri meskipun usia bayi masih dibawah 1 tahun. Contohnya, Sandra Dewi membawa anaknya Raphael ke Bali pada saat usianya masih sekitar 3 bulan.

Sebagai orang tua, kita juga harus tahu apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat perjalanan kita menjadi menyenangkan. Tentu saja, ada beberapa tips yang mungkin berguna untuk orang tua sekalian yang ingin mengajak anaknya berpergian.

  1. Gunakan priority boarding

Tentu saja, hal ini sepertinya terlihat simple. Tetapi, berangkat lebih awal sangatlah penting, karena akan mempermudah anda dalam berpergian, contohnya, jika anda pergi melalui pesawat, dengan datang lebih awal, anda dapat melewati imigrasi dan security check dengan lebih tenang. Beberapa bandara memperbolehkan priority boarding untuk keluarga, alias mempersilahkan orang dewasa yang pergi bersama bayi untuk melewati jalur imigrasi tanpa mengantri. Mungkin anda bisa menanyakan kepada petugas bandara tentang hal ini, karena setiap bandara memiliki peraturan yang berbeda.

  1. Pilih kursi aisle di depan

Baik kereta maupun pesawat, alangkah baiknya jika kita memilih aisle seat atau kursi dipinggir agar mempermudah anda untuk mengambil barang dan juga pergi ke toilet, jika dibutuhkan. Kursi-kursi di depan juga biasanya juga memiliki ruang kaki atau legroom yang lebih luas, mempermudah anda menaruh perlengkapan bayi anda dengan baik.

 

  1. Pilih perlengkapan bayi yang mudah untuk dibawa

Stroler bayi sepertinya adalah big NO karena sulit untuk dibawa, terutama untuk pergi berpergian dengan kereta ataupun pesawat. Oleh karena itu, bawalah perlengkapan bayi atau tempat tidur bayi yang mudah untuk dibawa. Selain itu, membawa banyak sekali diaper atau pampers saat berpergian juga akan menyulitkan anda. Kalau bisa, bawalah pampers secukupnya, kemudian pampers dapat dibeli di tempat anda akan berlibur.

Salah satu dari perlengkapan tidur bayi yang dapat dibawa dengan mudah adalah baby cot carrier. Baby cot carrier ini sudah memiliki matras dan bantal, sehingga memudahkan bayi untuk tidur dengan nyenyak. Selain ringan, baby cot carrier mudah untuk dibawa dan tidak memakan tempat, sehingga menjadi pilihan yang lebih menarik dibandingkan stroller yang besar dan berat.

  1.  Travel light

Travel light, atau pergi dengan membawa perlengkapan bayi secukupnya. Memang, anda pasti khawatir dengan banyaknya hal yang perlu dibawa, seperti mainan kesayangan si kecil. Tetapi, ketika berpergian, hampir semua hal dapat menjadi mainan, seperti botol kosong, pensil dan kertas, dan lainnya. Anda juga memerlukan tas bayi yang besar dan mudah dicuci, karena sudah pasti akan sulit menjaga tas anda tetap bersih selama berpergian. Kotoran pasti akan mudah menempel pada tas anda, apalagi ketika anda fockus kepada sang buah hati.

Pilih tas yang mudah dicuci dan besar, seperti tas samping dibawah ini. Selain ringan, tas ini dapat dicuci.

  1. Tahu kapan untuk istirahat

Terkadang, semua sudah direncanakan dengan matang. Anda sudah melihat keadaan cuaca, sudah book tempat bermain, sudah melihat review dari banyak website. Tetapi terkadang, situasi tidak mendukung. Bayi anda tidak bahagia, ayah sudah lelah, ibu sudah bad mood. Kalau situasi sudah seperti ini, alangkah baiknya jika anda dapat menarik napas dalam-dalam dan memilih untuk kembali ke hotel untuk beristirahat.

 

Last but not least, enjoy your trip! That’s why it is called a trip, so that you can have fun.

 

Tags: Tips Bayi

Leave a Comment